In Memories

Resolusi pada Akhir Februari dan Alasan Saya Membuat "Know Yourself!"

Bukan karena saya merasa January was a trial month seperti para netizen, tapi memang saya telat aja. Makanya baru menuliskan resolusi di Februari.

Sejak awal bulan lalu, pelan-pelan terbayang apa yang ingin saya lakukan dan capai. Tapi baru sekarang saya ingin menuliskannya. Ngomong-ngomong soal ini, saya jadi ingat seorang teman yang selalu membuat resolusi (dan menuliskannya) dalam personal blog-nya. Mulai dari harapan dapat IPK maksimal hingga memiliki gaji puluhan yuta. Catatan resolusinya mulai tahun 2010 hingga kini, saya baca kembali pada akhir 2017 lalu.  Percaya atau tidak, lebih dari 70% resolusi yang ia tuliskan, telah ia capai saat ini.


Jadi saya terinspirasi ceritanya (setelah 7 tahun lamanya -_ -).

Maka, akhir tahun kemarin saya sempatkan waktu untuk mencari tahu apa yang benar-benar saya inginkan saat ini dan beberapa waktu ke depan.

Dan selain mau sepatu lari baru saya tahu, saya bahkan belum mengenal diri saya dengan baik padahal rasanya sangat perlu.

Mengapa penting? Karena seperti kata Aristotle,
Knowing yourself is the beginning of all wisdom.
Ketidakmampuan memahami diri sendiri, apa yang saya rasakan, bagaimana dan mengapa saya merasa seperti itu, membuat saya bisa-bisa salah memilih/menjalin relasi, pekerjaan, hingga pendamping hidup. Solusi yang Socrates tawarkan: Know yourself!

Maka, saya menyiapkan serangkaian pertanyaan yang perlu saya cari jawabannya pada sepanjang 2018.
  1. Apa kelebihan saya?
  2. Apa kelemahan saya?
  3. Apa tujuan jangka panjang dan jangka pendek yang saya miliki?
  4. Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya? Siapa support system saya?
  5. Apa yang membuat saya merasa malu?
  6. Apa yang membuat saya merasa sedih?
  7. Apa yang perlu saya lakukan saat sedih?
  8. Apa yang membuat saya merasa senang?
  9. Apa yang membuat saya marah?
  10. Apa yang perlu saya lakukan untuk merasa senang?
  11. Apa hal yang paling/sering saya khawatirkan?
  12. Apa kenangan terindah yang saya punya?
  13. Jika saya tidak takut pada apa pun, apa yang ingin/akan saya lakukan?
  14. Apa yang sering dikatakan oleh pikiran negatif di kepala saya?
  15. Apa hal yang sedang saya syukuri?
  16. Dimana saya merasa paling aman?
  17. Siapa dan apa yang membuat saya merasa paling nyaman?
  18. Apa nilai-nilai yang saya yakini dan ingin saya terapkan?
  19. Apa yang saya pikirkan tentang diri saya sendiri?
  20. Tipe diri ideal seperti apa yang saya inginkan?
  21. Tipe teman seperti apa yang saya harapkan?
  22. Apa definisi sukses menurut saya?
  23. Apa hal terpenting dalam hidup saya?
  24. ... and so on.

Saat mencoba menjawab question prompt di atas, saya sadar ada banyak sekali hal yang perlu saya pelajari. Nah, beberapa waktu lalu saat tertarik pada satu bahasan tertentu biasanya saya mencari tahu dari beberapa referensi. Pikir-pikir, biar agak nyangkut apa yang saya baca, barangkali ada baiknya jika saya tulis sekalian saja. Atas dasar itulah, saya terpikir untuk membuat satu kategori baru di blog ini yang berisi ringkasan hal-hal yang sedang/ingin saya pelajari.

Terus bingung nama kategorinya apa -_-. Mau bikin ala-ala self-growth/ self-awareness/self-knowledge tapi kok gimana yah. Apa kubuat sajalah kategori bernama "Know Yourself." Walau mungkin isinya akan menyerempet saja. Tapi baiklah, nggak ada salahnya dicoba. 

Jadi, kalau nanti kamu menemukan kategori "Know Yourself" yang isinya practical tips atau sejenisnya, percayalah saya menuliskan murni sebagai pengingat untuk diri saya sendiri dan catatan dari apa yang perlu saya pelajari. Alhamdulillah jika ternyata berguna juga untukmu.



Apa resolusimu tahun ini?


Tabik!

-Ulfa


sumber gambar: pinterest

0 comments:

Post a Comment

What do you think?